Kamis, 13 Maret 2014

NIKMATNYA KULINER DEMAK

Posted By: Unknown - 02.57
WB Demak.Indonesia sebagai negara yang memiliki pulau-pulau terbanyak,membuat beragamnya kebudayaan di indonesia,salah satunya keragamn kuliner di indonesia,minggu kemarin WB berkesempatan menikmati kuliner khas demak :


1.Sengkulun
Sengkulun atau sering juga disebut Sengkolon (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sangkolun (Bangka) adalah kue mirip kue keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. Kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung ketan. Penggunaan gula merah membuatnya berwarna coklat, walaupun ada juga variasi pewarna lain di berbagai daerah. Santan kental menambahkan rasa gurih.

Kue ini diakui berbagai daerah, misalnya Betawi , Jepar, Demak, dengan pengaruh budaya Cina. Namun daerah lainnya juga memiliki resep sengkulun dengan berbagai variasi bahan.

Kue ini dibuat dengan cara dikukus dalam waktu sekitar 2 jam, dan dimakan dengan kelapa parut.Makanan Kecil, Bahan : Tepung ketan, Santan Kanil, Gula Pasir, Garam Pewarna

2.Wedang Peka
Minuman Wedang Pekak adalah minuman tradisional khas dari Kabupaten Demak. Wedang Pekak sangat cocok diminum ketika berada di daerah dingin, atau di malam hari. Minuman ini dinamakan Wedang pekak karena terbuat dari daun pekak (daun lawang, Illicium verum) yang berguna untuk menghangatkan badan. Bahan : Jahe, Gula jawa, gula pasir, daun jeruk purut, Serai, kayu Manis,
pekak
Cara MembuatSemua bahan, dimasukkan ke dalam air dan rebus sampai mendidih. Tunggu kira-kira 5 menit sambil diaduk. Angkat dan saring. Semua bahan II dikeringkan lebih dulu lalu dihaluskan. Masukkan ke dalam air, gula, yang dihaluskan tadi dan rebus sampai mendidih. Tunggu beberapa menit sambil diaduk. Angkat dan saring.


3.ASEM-ASEM KHAS DEMAK

Garang Asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Garam asem adalah masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Beberapa kota di provinsi Jawa Tengah memiliki makanan tradisional ini. Antara lain Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan.
Garang asem biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng, dan perkedel.
Makanan tradisional ini terbuat dari ayam yang sudah dipotong - potong menjadi bagian - bagian kecil, seperti dada, sayap, dan kepala. Potongan cabai dan belimbing sayur adalah bahan sumber rasa asam. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung, karena ayam kampung akan terasa lebih lembut dan empuk dibanding ayam yang lain. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang, diberi bumbu dan air secukupnya, dan di kukus selama kurang lebih 45 menit. Agar garang asem tidak bocor biasanya daun pisang dilapisi dengan plastik tahan panas di dalamnya.
Rekomendasi: Rm Rahayu, Jl. Sultan Patah 41 Bintoro Demak



Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Download It from Here

Blogger Templates Designed by: Templatezy