Selasa, 11 Maret 2014

MENGENAL DAN MELESTARIKAN BATIK BEKASI

Posted By: Unknown - 23.48
Warkop Bekasi - Batik adalah salah satu budaya milik Indonesia, dan telah disahkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 02 Oktober, 2009 di Abu Dhabi.
Sejak ditetapkannya batik adalah budaya asli Indonesia. Seluruh profinsi yang ada di Indonesia mulai beramai-ramai mengenalkan corak batik khas daerah mereka. Mulai dari batik Jawa yang sudah kita kenal hingga batik Papua yang telah di sahkan oleh pemerintah daerahnya.
Tidak hanya Papua yang memiliki corak batik khas daerah mereka, Bekasi pun memiliki corak batik tersendiri. Namun sampai saat ini corak batik Bekasi belum ditetapkan oleh pemerintah daerah, hal ini dikarenakan masih banyak kebimbangan dalam menetapkan corak asli batik Bekasi. Banyak corak batik Bekasi yang mengangkat budaya Betawi hal ini di karenakan warga asli Bekasi ialah orang-orang Betawi.
Tapi hal ini sangat disayangkan karena, warga asli Bekasi sendiri kurang menghargai budaya asli mereka. Terbukti dengan ketidaktahuan warga Bekasi, bahwa Bekasi mempunyai batik. Ini menjadi masalah yang sangat serius dan harus segara di tanggapi oleh pemerintah daerah Bekasi.
Menanggapi masalah yang ada mengenai pengenalan batik Bekasi kepada masyarakat Bekasi. Pemerintah Daerah Kota Bekasi mengadakan Seminar, Lokakarya dan Lomba Motif Batik Khas Bekasi. Seminar Lokakarya Motif Batik Khas Bekasi,di adakan di Universitas Islam “45” (Unisma) Bekasi pada tanggal 10 Juli 2012. Acara tersebut mendatangkan pembicara Indra Riawan (Kepala Meuseum Tekstil Jakarta), Ridwan Saidi (Budayawan), Ken Atik Djatmiko (Yayasan Batik Provinsi Jawa Barat). Peserta yang hadir di antaranya adalah Praktisi atau Pemerhati Batik, Camat se-Kota Bekasi, Kepala SMA/SMK baik Negeri dan Swasta, serta ketua Organisasi Seni dan Kemasyarakatan serta Unsur Perguruan Tinggi.
Hanya saja dalam melestarikan budaya batik ini, pada pelaksanaanya tidak hanya sebatas dalam bentuk kegiatan yang bersifat seminar. Akan tetapi harus terus menerus & berkelanjutan. Maka dari sini, perlu adanya peran Pemerintah Daerah dalam memajukan dan mengembangkan budaya batik. Namun, kendalanya sampai saat ini tidak ada peran aktif Pemerintah Daerah untuk membangun budaya bekasi, khususnya batik.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Download It from Here

Blogger Templates Designed by: Templatezy